Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Bisnis Online (part-1)

Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Bisnis Online (part-2)

Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Berbisnis Online (part-3)

Today's Words

Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki.
Dan lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan hari ini demi masa depan kita.
Allah SWT tidak akan mengubah nasib seseorang, jika orang tsb tidak mau mengubah nasibnya sendiri.
Go...Go...Go...!!!

Minggu, 23 Mei 2010

Kunci Keberhasilan Online Store: Trust, Trust, Trust !!!

Oleh : Nukman Lutfie

"Lokasi, lokasi, lokasi." Itulah tiga kunci sukses properti yang seringkali dikumandangkan Ciputra, sang begawan properti Indonesia. Sepanjang berada di lokasi yang strategis, tidak ada cerita gagal sebuah properti. Faktor-faktor sukses lain kurang bermakna jika faktor lokasi tidak dipegang. Dengan cara berpikir yang sama, saya mengatakan bahwa "Trust, Trust,Trust" adalah kunci sukses toko online di Indonesia.

Memang penting untuk membuat webstrore yang khas Indonesia, yang sesuai dengan user behavior pengguna Internet Indonesia. Memang perlu untuk melengkapi online store dengan sistem pembayaran online yang mendukung transaksi. Tak dipungkiri bahwa toko yang dibuka di online selama 24 jam sehari juga harus dilengkapi dengan berbagai tools komunikasi online untuk melayani pelanggan online.

Namun, setelah bertemu dengan beberapa toko online yang sepi pembeli dan kemudian berdiskusi dengan beberapa toko online yang berhasil memanen ratusan juta rupiah per bulan, ada hal fundamental yang harus dimiliki oleh pemilik toko online. Tak lain adalah KEPERCAYAAN.

Sebagian besar pengguna Internet Indonesia masih belum memiliki budaya membeli online. Yang sudah pernah melakukan transaki online pun masih berhati-hati dalam berbelanja.

Selalu saja ada pertanyaan konsumen sebelum membeli barang di dunia maya. Misalnya:

a. Benarkah barang yang dipajang di toko online benar-benar ada persediaannya?

b. Bagaimana kualitas barang tersebut? Apakah sesuai dengan yang ditulis dan dipotret?

c. Apakah barang akan benar-benar diantar jika sudah dibayar oleh konsumen.

d. Bagaimana bila ternyata barang yang dibeli cacat atau tidak sesuai pesanan.

e. Serta seribu satu pertanyaan lain yang mungkin muncul karena belanja online menghapus kontak langsung antara pembeli dan penjual.

Pemilik toko online biasanya tidak sabar. Mereka mengira, jika sudah muncul di dunia maya, order akan berdatangan dengan sendirinya seandainya mereka melakukan pemasaran online secara benar. Faktanya tidak.

Kebanyakan toko online yang berhasil, sejauh yang saya amati, justru tidak banyak melakukan upaya pemasaran secara masif. Sebaliknya, mereka tekun membangun basis pelanggan. Ada satu pembeli pun mereka layani dengan baik (barang diantar tepat waktu, jika cacat diganti, bahkan jika tidak suka pun boleh minta ganti). Satu pembeli yang puas itu akan bercerita kepada orang lain yang kemudian tertarik membeli di toko online tersebut. Tambahan pelanggan baru ini pun dilayani sebaik mungkin. Pelanggan baru yang puas ini kemudian menceritakan pengalamannya ke orang lain. Dan seterusnya, dan seterusnya, sehingga menjadi viral positif mengenai kepercayaan terhadap toko online tersebut terbentuk.

Viral marketing dari pelanggan yang puas inilah pemasaran terbaik bagi toko online. Tidak mengherankan jika penjualan terbesar sebuah toko online yang berhasil adalah berasal dari REPEAT ORDER (pembelian ulang dari pelanggan yang sama). Bukan pembelian dari konsumen baru. Itulah alasan saya mengatakan bahwa ? Trust, Trust, Trust merupakan kunci sukses keberhasilan toko online Indonesia.

tulisan diambil dari : http://www.juale.com/news/article/9/Kunci-Keberhasilan-Online-Store-Trust-Trust-Trust

Tidak ada komentar: