Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Bisnis Online (part-1)

Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Bisnis Online (part-2)

Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Berbisnis Online (part-3)

Today's Words

Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki.
Dan lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan hari ini demi masa depan kita.
Allah SWT tidak akan mengubah nasib seseorang, jika orang tsb tidak mau mengubah nasibnya sendiri.
Go...Go...Go...!!!

Kamis, 01 April 2010

Berbisnis dengan Hati di Power Lunch Femina

Pada bulan Desember 2009 yang lalu, saya diundang Majalah Femina untuk mengikuti acara Talkshow Power Lunch. Power Lunch, sebuah acara pertemuan dengan para wanita pebisnis, digelar sebagai penutup pogram Wanita Wirausaha BNI-femina 2009, sekaligus untuk memperingati Hari Ibu. Sekitar 200 undangan menghadiri acara di Hotel JW Marriott - Jakarta itu yang mengusung tema Berbisnis dengan Hati. Hadir pula para pemenang peserta Kompetisi UKM Femina tahun 2008 (saya salah satunya), dan juga para pemenang dan finalis Kompetisi UKM Femina tahun 2009.

Menghadirkan empat pembicara utama, yaitu Suzy Hutomo, CEO The Body Shop Indonesia, Susi Pudjiastuti, Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation, Obin Komara, seniman kain dan pengusaha batik, serta pengamat ekonomi Dr. Aviliani sebagai pembahas.

"Sebagai entrepreneur, kita baru disebut sukses kalau bisa membuat orang menyukai dan punya connection dengan produk kita."

Begitulah jawaban Suzy Hutomo, CEO The Body Shop Indonesia, ketika ditanya Farhan, host acara tersebut tentang apa arti entrepreneur yang sukses. Meski digelar cukup singkat, hanya 3 jam, acara berlangsung meriah. Sebelum talkshow, dipaparkan hasil-hasil kegiatan program Wanita Wirausaha selama tahun 2009 oleh Svida Alisjahbana, CEO Femina Group. Acara lalu berlanjut dengan pemberian hadiah untuk 7 pemenang Lomba Wanita Wirausaha, serta pemberian sertifikat 'kelulusan' bagi 25 peserta Workshop Wanita Wirausaha yang mengikuti lengkap keempat modul.

Salah satu point penting yang saya dapatkan dari acara tersebut adalah pentingnya memiliki PASSION atas apa yang kita kerjakan, termasuk dalam hal berbisnis. Tanpa memiliki passion yang tinggi atas apa yang kita kerjakan, mustahil kita mampu bertahan dan terus berjuang dalam menjalankan bisnis kita, apapun bentuknya.

Sedangkan Obin, banyak bercerita tentang pentingnya orisinalitas. Orisinalitas muncul dari perjuangan untuk terus menjadi kreatif. Dengan kreatif, maka muncullah ide-ide baru yang membuat kita berbeda dari yang lain. Dengan orisinalitas pula, maka konsumen akan menghargai apa yang kita tawarkan dan kita jadi punya nilai lebih di mata konsumen kita, apalagi dibandingkan dengan produk sejenis.

Susi Pudjiastuti, salah satu idola saya dalam dunia bisnis, banyak bercerita tentang perjalanannya memulai dan mengembangkan bisnisnya yang kini telah beranak pinak menjadi beberapa jenis usaha. Susi sungguh pribadi yang penuh kontradiktif. Ia bermetamorfosis dari gadis kampung, menjadi warga dunia dan sukses sebagai wanita pengusaha bidang perikanan dan jasa penerbangan. Berbagai penghargaan ia terima. Mulai dari Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia, serta Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006, ia menerima Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman Award for Economics.

Susi yang cuma lulusan SMP, kini Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan Presiden Diretur PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan Susi Air. Di luar itu, aktivis lingkungan independen ini juga dipercaya sebagai Board of Directors HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) bidang hubungan dalam negeri; serta Ketua Komisi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah pada KADIN. Kini ia juga dipercaya sebagai dosen tamu pada program pendidikan di lingkungan BRI dan Telkom, bahkan juga dipercaya menjadi dosen tamu di ITB, IPB, dan UGM.

Sungguh, tiga orang tersebut adalah wanita hebat di bidangnya. Satu kesamaannya, pantang menyerah, berempati, dan memiliki passion yang tinggi atas apa yang dikerjakannya. Banyak wawasan dan cerita baru yang saya dapatkan hari itu. Dan, semakin memberi semangat dan inspirasi untuk terus eksis dan membesarkan brand kami, yaitu Pourvous Natural Body Care, dengan terus berinovasi dan dijalankan dengan penuh Passion. Semangat!!!

Tidak ada komentar: