Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Bisnis Online (part-1)

Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Bisnis Online (part-2)

Talkshow Happy Friday Trijaya FM Sby : Rahasia Sukses Berbisnis Online (part-3)

Today's Words

Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki.
Dan lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan hari ini demi masa depan kita.
Allah SWT tidak akan mengubah nasib seseorang, jika orang tsb tidak mau mengubah nasibnya sendiri.
Go...Go...Go...!!!

Senin, 18 Mei 2009

Sharing Perjalanan Menghadiri IBM & MIHAS 2009 di Kuala Lumpur

Dear all friends...

Alhamdulillah, untuk kedua kalinya kami mendapat undangan mengikuti International Buyer Meeting (IBM) dan MIHAS (Malaysia International Halal Show) dari MATRADE (Malaysia External Trade Development Corporation) di awal Mei 2009 ini. Yang pertama adalah saat ada event INTRADE (International Trade Malaysia), bulan November 2008 lalu. Satu hal yang menarik dari event ini adalah berkumpulnya Calon Buyer dari berbagai negara di dunia untuk bertemu langsung dengan pengusaha-pengusaha Malaysia, mulai level UKM sampai dengan Corporate besar.

Karena ini yang kedua kalinya saya ke Kuala Lumpur, jadi Alhamdulillah sudah lumayan paham tentang peta jalan di KL, terutama kalau ke tempat-tempat favorit. Tapi jangan khawatir, di KL, ada berbagai macam jenis transportasi yang dibuat untuk memudahkan siapapun yg datang ke sana, entah itu penduduk setempat, turis, maupun pendatang. Mulai dari yang basic seperti taksi (kalau yg ini saya ga pernah naik, di Indonesia kan ada...), bus, monorail, dan yang jadi favorit saya : MRT. Kenapa jadi favorit ? karena pemberhentiannya banyak banget, terutama di tempat-tempat favorit kayak Suria KLCC (ini mall yang jadi satu sama gedung menara kembar Petronas), Bukit Bintang (ini area kompleks pusat perbelanjaan, seperti Pavilion Plaza, Bukit Bintang Mall, Sungai Wang Plaza, dll), Pasar Seni (kalau ini tempat berkumpulnya PKL, tempat beli oleh-oleh yang murah meriah-tapi tetap harus ditawar lho), KL Sentral (ini pusatnya terminal di KL, tapi modelnya kayak Mall), dan lain sebagainya. Semua serba tersistem, bersih, dan terawat.

Hari pertama begitu tiba di Hotel Legend (ini hotel bintang lima yang jadi satu sama mall, The Mall), setelah check in dan meletakkan barang bawaan, kami (saya dan GM Pourvous-Ika Satyawati) langsung cabut ke Suria KLCC. Naik MRT dari terminal PWTC (sebelahan sama Hotel Legend) dengan tiket seharga RM 1,20 kami turun di terminal Masjid Jamek lalu berganti MRT dengan tujuan KLCC seharga RM 1,20. Tiket ini bisa dibeli di loket atapun di mesin tiket otomatis. Tinggal klik terminal tujuan, masukkan uang ke lubang uang dan tiketnya akan keluar beserta uang kembaliannya. Simple kan?

Sesampainya di Terminal KLCC (yang terletak di basement Suria KLCC-Petronas), tujuan utama adalah ke Suria KLCC Park untuk berfoto dengan latar belakang Menara Petronas. Karena sudah pernah berfoto disana, saya tidak tertarik lagi untuk berfoto. Saya lebih memperhatikan Taman KLCC yang luas, sejuk dan bersih. Berbagai aktivitas bisa dilakukan disini, seperti olahraga, piknik, jalan-jalan sama si kecil, ngobrol sama teman-teman/keluarga, duduk-duduk santai, bahkan mau internetan pake laptop juga bisa soalnya sudah Wi-Fi...(kapan ya Indonesia punya tempat kayak gini...)

Lalu, mulailah kami meng-eksplore isi Mall (karena pas pertama dulu kesini ga sempet muter-muter). Yang dicari : produk sejenis dengan Pourvous, dan mencari ide baru untuk pengembangan kami. Ada beberapa produk bodycare yang dijual Suria KLCC, macam The Body Shop, L'Occitane, The Face Shop...kalau ini sih di Indonesia juga ada. Tapi ada yang menarik di Suria KLCC ini. Bayangkan saat kami datang adalah hari SENIN, dan mall in RAMAI SEKALI...padahal hari senin kalau di mall di Surabaya adalah hari paceklik...ada banyak turis yang juga sedang menghabiskan waktu di mall ini...padahal kalau dari segi tenant yang ada, sama aja dengan di Indonesia, khususnya di Jakarta. Nuansa yang ada adalah seperti everyday is weekend...

Hari kedua dan ketiga di KL, diisi acara IBM di menara Matrade. Dari jadwal yang kami terima semalam, dua hari ini kami full, artinya dari jam 10.00 s/d 17.00 tidak ada waktu tersisa. Dan memang itu yang kami harapkan, karena tujuan utama ke KL adalah untuk menghadiri IBM. Lalu satu per satu perwakilan perusahaan datang untuk presentasi di meja kami. Ada juga beberapa yang tidak hadir, tapi akhirnya tergantikan oleh perusahaan yang tidak punya janji presentasi dengann kami, namun mereka melihat dari list buyer tentang apa yg kami cari dan mereka lalu presentasi.

Ini menarikya IBM dan dua kali menghadiri IBM, saya selalu suka denga program ini. Kenapa ? karena saya melihat bagaimana seriusnya pemerintah Malaysia melalui MATRADE untuk memperkenalkan pengusaha mereka langsung ke buyer potensial. Dan saya juga melihat, bagaimana seriusnya pengusaha Malaysia dengan program IBM ini. Bahkan tidak jarang yang turun langsung presentasi bukan hanya Marketing Managernya, saya beberapa kali bahkan bertemu dengan level Direktur Utama, CEO, bahkan Owner langsung yang presentasi kepada kami. Mereka sudah siap dengan presentasi, sample product, CD Company profile dan katalog. Terlihat bahwa mereka mempersiapkan semuanya dengan serius. Karena tidak ada kesempatan yang datang dua kali, mereka sudah siap dengan berbagai 'senjata' untuk siap 'bertempur'.

Pertanyaannya, bagaimana dengan kita ? Apakah kita benar-benar sudah 'siap tempur' ? kaarena kalau dari segi produk, produk Indonesia tidak kalah, bahkan banyak yang jauh lebih baik. Tapi memasarkan produk tidak hanya dilihat dari produknya saja yang bagus, tapi juga berbagai hal yang berkaitan dengannya, misalnya packaging, marketing tools, branding, marketing communications, negotiation, dan lain sebagainya. Sudah siapkah kita ?

Juga saat kami mengunjungi ShowCase Room (ini semacam ruangan pamer untuk mendisplay produk-produk malaysia). Hanya ada satu kata : Mengagumkan. Kita bisa melihat berbagai produk buatan Malaysia di satu tempat yang nyaman, dng informasi yang lengkap (setiap showcase ada laci yang berisi brosur, katalog dan kartu nama dari tiap-tiap produk yang dipajang). Dan yang dipajang di sana mulai dari sarung tangan, kosmetik, snack, tempat tidur, pipa, mobil, bahkan dapur lengkap dengan isinya dan masih banyak lagi. Lalu, saya bandingkan dengan kondisi ShowCase di beberapa instansi yang pernah saya datangi, dan berpikir kenapa mereka tidak bisa membuat seperti ini, toh kan banyak pejabat kita yang sering 'studi banding' ke Malaysia (atau ke negara lain), lalu apakah mereka tidak pernah ke Matrade dan mengunjungi ShowCase Room ini ? Hanya Tuhan dan mereka yang pernah 'studi banding' yang tahu jawabannya.

Belum lagi saat GM Pourvous melakukan Visite ke salah satu manufacturing company disana yang berjarak sekitar 45 menit dari KL. Manufacturing-nya sih tidak terlalu besar. Banyak perusahaan di SIER yang jauh lebih besar. Tapi semangat dan rasa percaya diri mereka memberikan keyakinan kepada calon buyer bahwa mereka serius untuk berbisnis dengan buyer-buyernya. Dan mereka betul-betul memberikan services yg memuaskan, mulai dari penjemputan sampai selesai. Bayangkan, dari level pemerintah sampai ke level pelaku usaha langsung (dari level CEO sampai ke bawah), semuanya punya komitmen untuk maju.

Saya jadi berpikir, kapan kita punya pemerintah yang seperti ini, dengan sistem yang seperti ini...lalu akhirnya kami pun berpikir, kalau mau maju, jangan menggantungkan hidupmu pada siapapun...dan pelajaran ini pun semakin meyakinkan kami bahwa KITA BISA, dengan atapun tanpa bantuan pemerintah. Dan tentunya ini menjadikan kita lebih 'struggle' karena terbiasa dalam kondisi yang lebih sulit, tanpa sistem pemerintahan yang mendukung, dan tanpa program pemerintah yang bersahabat dng dunia usaha.

Oya, di hari kedua setelah IBM, kami menyempatkan ke Bukit Bintang. Tujuan utama adalah Pavilion Plaza (kami kesana hari Selasa, dan kondisinya sama seperti di SUria KLCC : Ramai banget) Dan benar saja, di tempat ini kami menemui banyak sekali outlet yang menjual produkk bodycare, dan kami pun belajar banyak dari sana. Hasilnya ? Tunggu saja kejutan dari Pourvous...

Semoga sharing ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua...

--
===
Laila Asri
My blog : www.lailaasri.blogspot.com

PT Adila Imperium, Holding Company
www.adilagroup.com

Tidak ada komentar: